George A. Olah - Tokoh Ilmuwan Kimia

George A. Olah, Tokoh Kimia, Ilmuwan KimiaGeorge Andrew Olah (lahir 22 Mei 1927 sebagai Oláh György) adalah Kimiawan Amerika kelahiran Hongaria. Ia amat bermakna dalam menstabilkan dan mempelajari karbokation. Ia memenangkan Penghargaan Nobel dalam Kimia pada 1994. Pada 2005 ia dianugerahi Priestley Medal, penghargaan tertinggi yang dianugerahkan oleh American Chemical Society.

Olah mempelajari, kemudian mengajar di tempat yang kini dikenal sebagai Universitas Teknologi dan Ekonomi Budapest. Sebagai akibat Revolusi Hongaria 1956, ia dan keluarganya pindah sebentar ke Inggris dan kemudian ke Kanada di mana ia bergabung dengan Dow Chemical di Sarnia, Ontario. Karya rintisan Olah pada karbokation bermula selama 8 tahunnya dengan Dow. Pada1965 ia kembali ke bidang akademik di Case Western Reserve University dan kemudian ke Universitas California Selatan pada 1977. Pada 1971, Olah menjadi dinaturalisasikan sebagai warganegara Amerika Serikat.

Olah sekarang adalah profesor istimewa di Universitas California Selatan dan kemudian direktur Loker Hydrocarbon Research Institute. Pada 2005, Olah menulis sebuah esai yang memperkenalkan ekonomi metanol.

[Source]

0 komentar:

Posting Komentar