Charles Robert Richet - Tokoh Ilmuwan Biologi

Charles Robert Richet, Tokoh Biologi, Ilmuwan BiologiCharles Robert Richet (25 Agustus 1850 – 4 Desember, 1935) adalah seorang ahli ilmu faal Perancis yang memulai berbagai penelitian seperti neurokimia (kimia saraf), hal pencernaan, regulasi suhu pada hewan berdarah panas atau homeotermis. Ia diberi gelar profesor di bidang ilmu faal oleh Collège de France pada tahun 1887 dan menjadi anggota Académie de Médecine pada 1898. Pada 1914, ia bergabung dengan Académie des Sciences.

Karya

Ia memenangkan hadiah nobel untuk bidang fisiologi dan kedokteran pada 1913 dengan karyanya mengenai anafilaksis (istilah darinya untuk kondisi reaksi alergi). Penelitian ini membantu menerangkan berbagai masalah medis seperti asma dan menjelaskan beberapa kasus intoksikasi dan kematian mendadak yang sebelumnya tidak dapat dimengerti.

Charles Robert Richet adalah sosok yang memiliki ketertarikan pada berbagai disiplin ilmu termasuk sejarah, sosiologi, filsafat, psikologi, seni drama dan sajak.

Ia juga menekuni bidang hipnosis. Pada 1891, Richet menyelesaikan Annales des sciences psychiques. Ia juga memiliki hubungan dengan para ahli supranatural pada masanya seperti Albert von Schrenck-Notzing dan Frederic William Henry Meyers. Pada 1905, ia menjabat sebagai presiden dari Society for Psychical Research di Britania Raya, dan menetapkan satu istilah baru, yakni "metafisika". Ia akhirnya menjadi presiden dari Institut Métapsychique International di Paris pada 1919, and full-time president in 1929. Karya Richet mengenai metafisika antara lain Traité de Métapsychique (1922), Notre Sixième Sens ("Indera Keenam Kita", 1928), L'Avenir et la Prémonition (1931), La grande espérance ("Harapan Besar", 1933).

[Source]

0 komentar:

Posting Komentar